3 Jenis Camilan Indonesia Yang Menggunakan Gula Merah Sebagai Bahan Utamanya

Camilan adalah sebuah makanan ringan, yang biasa dimakan di momen-momen tertentu. Misalkan seperti pisang goreng, yang selalu dijadikan camilan malam hari atau camilan di musim hujan. Dari sekian banyaknya jenis camilan yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya ada camilan yang rasanya sangat kental dengan rasa gula merah. “ Camilan apa sajakah itu “, berikut ini akan saya sampaikan 3 jenis camilan Indonesia yang menggunakan gula merah sebagai bahan utamanya.

  1. Wajit

Wajit adalah sebuah camilan manis khas Jawa Barat. Namun daerah Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatannya rasa wajitnya, adalah wajit asal Cililin. Bahkan kelezatan wajit khas Cililin sampai tersohor ke Negeri Jiran, Malaysia. Mengingat bahan utamanya adalah beras ketan dan gula merah, maka wajit tidak bisa dibuat tanpa menggunakan gula merah.

  1. Kue Cucur

Kue Cucur adalah sebuah camilan khas pulau Jawa. Entah itu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, ketiga Provinsi tersebut sama-sama menyebutnya dengan nama Kue Cucur. Satu hal yang paling menonjol pada kue berbahan tepung beras ini, adalah karena rasa gula merah dan gula arennya.

  1. Dodol

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa dodol ini, merupakan kembarannya wajit. Mengingat dodol adalah kembarannya wajit, maka sudah dipastikan bahwa gula merah adalah nyawa dalam proses pembuatan dodol tersebut.