Cara Agar Toko Online Anda Senantiasa Ramai


Dalam melakukan jual beli, sudah menjadi sebuah kewajaran bahwa ada kalanya bisnis yang anda lakukan ramai pengunjung dan sepi pengunjung. Hal ini juga berlaku pada saat melakukan jual beli online. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut bisa anda pasrahkan begitu saja. Beberapa cara di bawah ini dapat anda lakukan untuk mengundang kembali pelanggan ke bisnis anda.

  • Perbaiki hubungan anda dengan pelanggan

Pelanggan adalah sebab yang dapat membuat jual beli yang anda lakukan ramai atau tidak. Sedikitnya pelanggan akan membuat bisnis anda terasa sepi. Karena itu, hubungan dengan pelanggan harus senantiasa anda jaga. Salah satu caranya adalah dengan memberikan respon yang cepat kepada pelanggan.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan seperti menjawab SMS/WA/Telpon paling lambat dalam waktu 5 menit. Sedangkan email, sosial media, dan forum, perlu anda jawab dalam waktu 2 jam. Untuk surat pos atau retur barang, setidaknya dapat ditangani dalam 7 hari kerja atau kurang. Meskipun pelanggan bersikap kasar, anda tetap harus menangani setiap komplain, saran, dan laporan. Selain itu, anda juga dapat memberikan bonus atau tantangan untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen anda.

  • Buat rencana pemasaran

Sebesar apapun bisnis jual beli yang anda miliki, rencana pemasaran tetap harus anda miliki. Toko dengan rencana pemasaran yang baik akan membuat produk anda cepat dikenal dan laku. Anda dapat melakukan pemasaran melalui brosur, iklan, banner, direct sales, pameran, dan lainnya. Atau jika anda ingin melakukan pemasaran secara online, anda dapat memanfaatkan iklan Google Adworda, Facebook Ads, SEO, dan SMM. Jangan lupa juga untuk mrngumpulkan testimoni pelanggan yang merasa puas dengan bisnis anda.

  • Perbaharui Fitur dan Layanan

Fitur dan layanan yang baik akan membuat bisnis jual beli anda semakin menarik dan menarik minat pengunjung dan pembeli. Salah satu fitur yang bisa anda terapkan di situs jual beli yang anda miliki adalah ketersedian fitur konfirmasi pembayaran dan ongkos kirim secara otomatis. Selain memudahkan pembeli, fitur tersebut juga akan memudahkan anda mengatur pesanan. Jangan lupa juga untuk senantiasa melakukan pengembangan terhadap layanan di toko anda.

Dengan pelayanan yang baik, pemasaran yang terencana, dan didukung dengan website yang memudahkan pembeli, bisnis jual beli anda akan senantiasa ramai dan disukai oleh pelanggan anda.