Memasak Opor Ayam Spesial Makin Mudah Dengan Sasa Santan Kelapa

Opor ayam sudah bukan sesuatu yang asing untuk masyarakat Indonesia, terutama warga Jawa. Hidangan ini hampir menjadi hidangan wajib yang harus ada di meja makan saat lebaran, lengkap dengan nasi putih, ketupat atau lontongnya. Mendengar kata opor ayam, kita akan secara otomatis membayangkan sayur dengan kuah kental berwarna kekuningan yang gurih serta daging ayam yang empuk dan lembut. Membayangkannya saja bisa membuat perut seketika keroncongan dan minta diisi.

Opor ayam juga menjadi makanan favorit banyak orang. Namun tidak semua orang mau bersusah payah untuk memasakknya. Bayangan bahwa memasak opor ayam itu sulit dan memakan waktu yang cukup lama seringkali membuat kita enggan untuk memasak opor ayam, kecuali jika sedang ada acara spesial. Jangan khawatir, sebab kali ini kami akan berbagi tentang resep sederhana untuk memasak opor ayam yang mudah untuk dipraktekkan, tetapi nikmat untuk disantap. Sila simak langkah-langkah berikut ini.

Nah, ini dia penampakan hasil masakan dari resep kali ini yang menggunakan sasa santan kelapa 😀

Bahan Opor Ayam Spesial

Sebelum memasak, resep ini berdasarkan ukuran untuk delapan porsi penyajian. Kamu perlu menyiapkan Bahan dan Bumbu Opor Ayam yang terdiri dari: 5 lembar daun jeruk purut, 3 lembar daun salam, 2 batang serai yang sudah dimemarkan bagian putihnya, 4 sdm minyak, 1,5 butir kelapa, diparut kemudian peras hingga menjadi 250 ml santan kental atau kamu juga bisa menggunakan Sasa Santan Kelapa. Bahan berikutnya adalah 2 ekor ayam buras, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian.

Rahasia opor ayam spesial terletak pada santan kelapa yang digunakan. Bagus memang jika kamu mau menggunakan santan kelapa yang diparut dari kelapa. Tapi untuk menghasilkan santan kelapa yang berkualitas dibutuhkan kelapa yang berkualitas dan masih segar pula. Dan itu bukanlah perkejaan mudah.

Nah sekarang gak perlu susah-sah lagi milih kelapa karena masak makin mudah dan praktis dengan Sasa Santan Kelapa. Sebab Sasa Santan Kelapa memiliki kualitas yang sama dengan santan kelapa hasil parutan sendiri. Ia terbuat dari santan kelapa segar yang sudah matang dan siap pakai. Artinya bisa langsung dimasukkan ke opor ayam yang telah mendidih. Apalagi Sasa Santan Kelapa juga memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas.

Selain itu, Sasa Santan Kelapa juga cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Jadi tidak hanya untuk opor ayam spesial saja. melainkan untuk segala jenis masakan dan minuman yang menggunakan santan kelapa. Dan juga perlu kamu tahu, Sasa santan Kelapa itu tidak mengandung pengawet sama sekali.

Bumbu Opor Ayam Spesial

Selain bahan di atas, sediakan juga bumbu yang sudah dihaluskan, yang terdiri dari 1/2 sdt ketumbar yang disangrai, 1/2 sdt jintan yang disangrai, 6 butir kemiri yang digoreng, 2 sdt merica butiran, 3 cm lengkuas, 3 cm kencur, 100gr bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 sdm gula merah sisir, 2 sdt garam

Cara membuat Opor Ayam:

  • Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan serai yang sudah dimemarkan. Aduk hingga merata sampai berbau harum
  • Masukkan potongan ayam, aduk hingga daging ayam terasa kaku
  • Masukkan setengah Sasa Santan Kelapa, masak dengan menggunakan api sedang hingga mendidih dan ayam menjadi empuk
  • Tambahkan setengah lagi Sasa santan Kelapa kemudian aduk sesekali sampai sayur mendidih. Kecilkan api, masak hingga santan tampak agak berminyak
  • Opor ayam kampung siap disajikan.

Nah itu dia cara membuat opor ayam yang enak dan lezat. Terlebih sekarang Anda akan lebih mudah dalam membuatnya loh. Karena dengan hadirnya Sasa Santan, Aslinya Santan yang membuat masakan menjadi lebih yummy.