Tips Agar Hijab Awet dan Tahan Lama

Hijab adalah bagian dari kewajiban seorang muslimah untuk menutup auratnya secara sempurna. Tak pelak, rasa nyaman dan tenang akan hadir saat seorang wanita mengenakan hijab dan menundukkan pandangannya saat keluar rumah. Beberapa tahun belakangan ini, trend fashion hijab di Indonesia semakin berkembang pesat dikarenakan semakin banyaknya muslimah yang  memutuskan berhijrah dan mengenakan hijab.

Para produsen busana muslim pun menanggapi fenomena ini dengan positif dan meluncurkan produk hijab baru dari waktu ke waktu yang memanjakan mata. Termasuk situs online khusus jual beli terpercaya, Blibli.com yang selalu hadir dengan berbagai variasi produk hijab berkualitasnya dari waktu ke waktu. Anda bisa mengunjungi Blibli.com untuk melihat berbagai produk hijab masa kini dengan penawaran terbaik.

Sebagai seorang muslimah berhijab, Anda pasti memiliki banyak koleksi hijab di rumah dengan berbagai model dan warna untuk memenuhi kebutuhan pada berbagai acara. Namun, alangkah sayang jika hijab yang Anda miliki tidak dirawat dengan baik karena hijab adalah salah satu item tips fashion wanita yang memerlukan perawatan khusus agar tetap awet dan terjaga bahannya.

Tips Agar Hijab Anda Terawat

Berikut ini beberapa tips singkat merawat hijab Blibli.com Anda yang bisa dipraktekkan di rumah,

  • Penyimpanan

Saat menyimpan hijab di lemari, Anda bisa mengelompokkan berdasarkan beberapa kategori mulai dari warna, bahan, hingga keperluan. Misal, hijab dengan bahan satin dan sutra khusus ke pesta bisa Anda letakkan terpisah dari hijab berbahan katun atau rayon yang khusus untuk digunakan sehari-hari. Pengelompokkan ini selain membuat lemari hijab Anda tertata juga terjaga kerapihannya dalam waktu lama. Tentunya Anda tak perlu repot mengacak-acak hijab khusus acara formal jika yang dibutuhkan adalah hijab kaos untuk olahraga.

  • Pencucian

Selama proses mencuci hijab, ada beberapa subpoin yang wajib  Anda perhatikan agar hijab tetap awet yaitu,

  • Detergent

Pilih detergent yang lembut untuk mencuci koleksi hijab Anda. Bahkan beberapa orang menyarankan untuk menggunakan sampo yang lebih lembut agar hijab Anda terjaga serat kainnya dan tampak lebih awet.

  • Merendam

Sebaiknya  tidak merendam hijab Blibli.com Anda dalam waktu lama. Rendam seperlunya saat Anda akan segera mencuci. Hal ini untuk mencegah bahan luntur atau melar.

  • Gunakan tangan

Untuk hijab, sebaiknya Anda tidak mencuci dengan mesin. Cukup kucak lembut dengan tangan saja. Mesin cuci diketahui sangat tida ramah dengan beberapa bahan hijab. Selain itu, hijab yang Anda gunakan untuk menutupi rambut tentunya tidak akan sekotor pakaian lainnya yang digunakan beraktifitas sepanjang hari. Selain itu, mencuci dengan tangan juga lebih menghemat waktu dan biaya, bukan?

  • Penjemuran

Saat  menjemur, Anda dianjurkan untuk tidak menjemur secara langsung di bawah sinar matahari. Cukup jemur hijab Blibli.com Anda pada tempat yang teduh dan banyak angin. Bahan hijab yang kebanyakan ringan dan tidak terlalu tebal akan cepat kering kok meski tak bertemu langsung dengan matahari.

Anda juga disarankan menjemur hijab dengan posisi utuh artinya tidak dalam kondisi terlipat sebagian. Hal ini dikarenakan bekas sabun bisa saja tertinggal di dalam lipatan dan membuat hijab Anda tak sepenuhnya bersih juga kering sempurna.

  • Penyetrikaan

Tip yang tak kalah penting dan wajib Anda perhatikan adalah menyetrika. Gunakan setrika pada suhu sedang dan jangan berlama-lama. Apalagi untuk jenis bahan tertentu yang tipis dan mudah rusak saat terkena panas. Jika hijab Blibli.com Anda memiliki hiasan berupa payet, sulaman, atau lainnya sebaiknya jangan ikut disetrika, ya. Untuk bahan hijab tertentu yang tidak mudah kusut,  Anda tak perlu menyetrikanya. Cukup lipat dengan baik dan letakkan pada bagian paling bawah koleksi hijab Anda agar selalu terlihat rapi.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai tips merawat hijab Blibli.com Anda agar selalu awet dan tahan lama. Jika Anda ingin menambah koleksi, Blibli.com selalu siap dengan penawaran produk-produk hijab terbaiknya. Tentu saja, Anda wajib menyesuaikan dengan kebutuhan dan acara yang akan dihadiri saat memilih hijab. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat.