Cara Mengobati Penyakit Bisul

Hasil gambar untuk bisul

Sebagian dari anda pasti pernah mengalami penyakit bisul ya? Bisul ini merupakan sebuah benjolan pada kulit yang berisi nanah. Dimana, bisul ini pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada folikel rambut dalam kulit. Bisul ini bisa muncul di daerah wajah, leher, ketiak, pantat, kaki, dan paha. Selain itu, bisul ini juga bisa muncul lebih dari 1 benjolan dalam waktu yang bersamaan. Memang bisul ini termasuk penyakit yang tidak serius dan mudah untuk disembuhkan, namun penyakit bisul ini bisa mengganggu aktivitas bagi penderita dengan rasa sakitnya.

Perlu anda ketahui bahwa bisul ini terjadi saat folikel rambut terinfeksi bakteri penyebab bisul, yakni Staphylococus aures yang biasanya bisa ditemukan di kulit, hidung, dan tenggorokan. Selain itu, penyakit bisul ini juga bisa menular melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah pada yang terkandung pada benjolan. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit bisul ini? Oleh karena itu dalam kesempatan kali akan membahas tentang cara untuk mengobati bisul sebagai berikut ini :

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Dalam hal ini, benjolan berisi nanah yang “matang” bisa pecah dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Nah untuk mempercepat proses penyembuhan dan sekaligus mengeringkannya, anda bisa menempelkan kompres air hangat di lokasi benjolan tersebut. Karena kompres air hangat ini merupakan salah satu cara mengobati bisul secara alami dan mudah dilakukan. Caranya adalah sebagai berikut : Pertama siapkan air hangat suam-suam kuku dan handuk/kain bersih. Lalu celupkan handuk/kain bersih itu ke dalam air hangat dan peras hingga kering. Kemudian letakkan kain pada bisul selama 10 menit beberapa kali sehari. Tetap kompres dengan menggunakan kain hangat dan basah setelah bisul itu pecah. Selain itu, dengan mengompres air hangat juga bisa mengurangi rasa sakit dan memancing supaya nanah di dalam bisul naik ke permukaan.

  1. Jangan Dipencet

Cara mengobati bisul lainnya adalah dengan tidak memencet bisul tersebut. karena dengan memencet bisul tersebut justru bisa meningkatkan risiko penyebaran infeksi di area kulit sekitarnya. Jika sudah infeksi itu menyebar, maka kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius. Salah satu komplikasi yang bisa muncul adalah selulitis, yakni jenis infeksi bakteri yang bisa masuk ke dalam aliran darah.

Selain dengan cara yang alami, anda juga bisa mengobati bisul ini dengan menggunakan obat yang banyak dijual di apotek, seperti Benzocaine, Mupirocin, dan Gentamicin. Mungkin itu saja artikel kali ini semoga bermanfaat.