CARA MEREDAKAN NYERI HAID

0 Comments

Pssst, Kalimat-Kalimat Ini yang Sering Menyulut Emosi Perempuan

Haid adalah hal yang selalu dialami oleh semua perempuan hamper setiap bulan. Meski begitu, menstruasi kerap dianggap sebagai hal yang menyebalkan karena mendatangkan nyeri haid berupa kram perut, kaki lemas, hingga punggung pegal. Terutama nyeri haid di hari pertama yang biasanya terasa lebih sakit.

Nyeri haid ini dapat menjadi masalah tersendiri karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan nyeri haid pada hari pertama. Pertama adalah kontraksi rahim yakni lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Yang kedua adalah faktor hormonal yakni hormon progesteron yang dapat memperbesar ketegangan mulut rahim.

Untuk meredakan nyeri haid yang kerap mengganggu aktivitas, berikut terdapat cara-cara mudah yang bisa kamu lakukan di mana saja.

Perbanyak Konsumsi Zat Besi

Saat menstruasi, sebagian perempuan mengalami pendarahan yang cukup hebat. Bahkan tidak jarang perempuan sampai pingsan karena mengalami anemia. Untuk itu, saat hari pertama haid sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi, seperti sayur bayam, kacang-kacangan, hingga ubi merah.

Kompres dengan Air Hangat

Untuk mengatasi perut yang terasa nyeri, kamu bisa mencoba mengompresnya dengan airĀ  hangat. Masukkan air hangat ke dalam botol plastik lalu tekan-tekan secara lembut pada perut bagian bawah. Hal ini akan menenangkan otot pada perutmu yang tegang.

Lakukan Gerakan Yoga

Terdapat cara yang bisa mengurangi nyeri haid berupa punggung yang terasa pegal, yakni gerakan yoga bernama Cat Pose. Gerakan yoga ini sangat mudah dilakukan dan berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas otot punggung. Pertama mulailah pada pose all fours dengan kedua tangan di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul. Gunakan embusan napas untuk menarik pusar ke arah tulang belakang seperti kucing. Lakukan gerakan ini 10 kali dan punggungmu akan terasa lebih rileks.

Berbaring Sejenak

Banyak perempuan yang mengalami kaki lemas saat haid. Jika ini terjadi padamu, sebaiknya berbaring sejenak di tempat tidur atau sofa. Berikan bantalan untuk menyangga kepala. Berbaring sejenak dapat mengurangi nyeri haid secara alami.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara ini memang dianggap tidak alami dan banyak perempuan yang enggan mengonsumsi lantaran takut ketergantungan. Namun jika kamu mengalami nyeri haid yang hebat di kala aktivitas sedang sibuk-sibuknya, ada baiknya jika kamu mengonsumsi obat pereda nyeri. Kamu bisa mengonsumsi obat yang mengandung paracetamol, ibuprofen, atau ponstan.

Menggunakan Pad Pereda Nyeri

Cara praktis dan cepat untuk meredakan nyeri haid yaitu dengan menempelkan pad pereda nyeri yang memberikan sensasi hangat. Saat ini sudah ada pad pereda nyeri dari ifreeindonesia.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *