Gak Perlu Panik, Inilah Tips Mudah Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

Product Image

Berita wabah virus corona yang terus di gembar-gemborkan oleh berbagai media, tentu saja menciptakan keresahan dan kepanikan bagi sebagian besar masyarakat. Justru, rasa panik tersebutlah yang akan mencelakai diri kita lho! Nah, mulai saat ini kita gak perlu panik, karena cara mencegah penularan virus corona itu cukup mudah. Adapun mengenai cara pencegahannya seperti dibawah ini. 

  1. Budayakan Mencuci Tangan Sampai Bersih

Tips mudah pertama yang harus kamu lakukan untuk mencegah penularan virus corona, yaitu membiasakan diri mencuci tangan sampai bersih. Meski terlihat simple, namun cara yang satu ini sangat efektif untuk membunuh kuman dan bakteri di tangan. Dalam hal ini, kamu harus mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Bukan hanya itu, pastikan juga kebersihan tanganmu mulai dari bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah selesai dicuci, keringkan tanganmu menggunakan tisu atau handuk bersih. 

  1. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Selain mencuci tangan sampai bersih, kamu juga harus memiliki system daya tahan tubuh yang baik. Mengapa demikian? Pasalnya, system imun tubuh itu berperan untuk melawan bakteri dan virus, sehingga tubuh kita tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit termasuk virus corona. Oleh karena itu, disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, telur, ikan, susu, daging tanpa lemak, dan lain sebagainya. Tak hanya pada makanan, cara meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi suplemen-suplemen yang sesuai anjuran dokter. 

  1. Jangan Mengonsumsi Daging Hewan Secara Mentah

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang gemar mengonsumsi daging hewan secara mentah? Jika iya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan pola makan tersebut. Sebab, daging hewan mentah itu masih banyak mengandung bakteri. 

  1. Menggunakan Masker

Tips mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan virus corona, yakni dengan menggunakan masker saat ke luar rumah. Terdapat beberapa jenis masker yang tersedia, yakni masker kain, masker bedah, dan masker N95. Adapun mengenai perbedaannya seperti dibawah ini:

* Masker Kain

Makser kain yang mempunyai tiga lapisan ini cukup efektif untuk melindungi diri dari penluaran bakteri dan virus. Bahkan, masker ini bisa dicuci sehingga bisa kamu gunakan lagi berulang-ulang. 

* Masker Bedah

Masker bedah atau surgical mask ini merupakan masker sekali pakai, yang begitu mudah dijumpai di pasaran, baik itu diwarung, apotik, supermarket, minimarket, maupun situs online shop. Harga jualnya juga sangat murah serta nyaman dipakai, sehingga masker ini banyak digunakan masyarakat. Makser bedah mempunyai sisi berwarna yang harus menghadap keluar, sedangkan sisi dalamnya yang berwarna putih harus menghadap ke wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Untuk sisi berwarna putih terbuat dari material yang bertugas untuk menyerap kotoran dan memfilter kuman dari udara. 

* Masker N95

Jenis masker berikutnya yang direkomendasikan untuk mencegah penularan virus corona, yakni masker N95. Masker ini memiliki sisi yang dibuat lepih rapat, sehingga kamu akan lebih terlindungi dari partikel-partikel berbahaya yang mengapung diudara. Itu sebabnya, mengapa harga masker N95 ini jauh lebih mahal dibanding masker kain maupun masker bedah. Namun, masker ini kurang nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari. 

Nah, seperti itulah beberapa tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan virus corona.